8+ Hal-Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan dalam Islam

Hal-hal yang membatalkan puasa Ramadhan - Puasa adalah salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Ibadah puasa termasuk dalam rukun islam yang ke-4. Secara umum terdapat dua macam puasa, yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Kita diwajibkan menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan. Selain itu ada juga ibadah puasa-puasa sunnah yang bisa dijalankan di lain waktu untuk menambah pahala.

Puasa wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Kita akan berdosa jika meninggalkan puasa wajib tanpa sebab dan alasan yang sesuai syariat. Perintah untuk melaksanakan ibadah puasa ini telah difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat ke-183, yakni sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan saat berpuasa di bulan Ramadhan karena bulan Ramadhan adalah bulannya umat Nabi Muhammad SAW yang penuh berkah dan segala amalan akan dilipatgandakan pahaanya. Salah satu hal yang harus kita persiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah mengetahui ilmu fiqih tentang bab puasa agar ibadah puasa yang kita jalankan sempurna dan diterima oleh Allah SWT.

Banyak sekali bab fiqih tentang ibadah puasa yang harus kita fahami dan kita pelajari, misalnya seperti syarat puasa, sunnah puasa serta hal-hal yang membatalkan puasa. Faktanya memang ada beberapa tindakan dan perbuatan yang jika kita melakukannya saat sedang menjalankan puasa, maka puasa kita menjadi batal.

Makan atau minum adalah contoh perkara yang dapat membuat puasa kita batal. Untuk itu kita harus mampu menahan diri dari rasa lapar dan haus dari mulai waktu subuh sampai maghrib. Selain itu juga ada perkara lain yang bisa membuat ibadah puasa kita menjadi batal jika kita melaksanakannya secara sengaja.

(baca juga sunnah-sunnah puasa Ramadhan)

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Hal-Hal yang Membatalkan Puasa


Berikut akan dibagikan 8 hal-hal yang membatalkan ibadah puasa yang harus kita hindari dan tidak kita lakukan saat sedang berpuasa.

1. Masuknya sesuatu ke dalam tubuh

Puasa akan jadi batal saat masuknya sesuatu ke dalam rongga terbuka yang tembus ke bagian dalam tubuh, seperti mulut, hidung, telinga, dan lain-lain jika ada unsur kesengajaan, mengetahui keharamannya dan atas kehendak sendiri. Namun jika dalam keadaan lupa, tidak mengetahui keharamannya karena kurang ilmu, maka puasanya tetap sah.

2. Murtad

Puasa kita akan jadi batal jika kita murtad yakni keluar dari agama Islam, sekalipun kemudian kita masuk Islam lagi seketika setelahnya.

3. Haid, nifas dan melahirkan

Bagi wanita, ibadah puasa akan batal jika mengalami haid atau nifas atau melahirkan, sekalipun itu hanya dalam waktu sebentar saja.

4. Gila

Puasa akan batal jika seseorang dalam kondisi gila atau hilang akal, meskipun itu hanya dalam waktu yang sebentar saja.

5. Pingsan dan mabuk sehari penuh

Puasa akan batal jika kita dalam keadaan pingsan atau mabuk sehari penuh. Jika masih ada kesadaran sekalipun sebentar saja, maka puasanya tetap sah.

6. Bersetubuh

Ibadah puasa yang kita jalankan akan jadi batal jika kita bersetubuh dengan sengaja dan juga mengetahui keharamannya.

7. Mengeluarkan mani dengan sengaja

Bagi laki-laki, ibadah puasa akan jadi batal jika mengeluarkan mani dengan sengaja, seperti dengan tangan atau dengan menyentuh istrinya tanpa penghalang.

8. Muntah dengan sengaja

Perkara lain yang bisa membuat puasa batal adalah muntah dengan sengaja. Jika tidak sengaja muntah, maka puasa tetap sah.

Nah itu tadi penjelasan mengenai hal-hal yang membatalkan puasa Ramadhan beserta penjelasannya menurut fiqih Islam. Pelajari dengan seksama dan ajarkan kepada keluarga dan anak-anak tentang apa saja yang bisa membuat puasa kita batal dan tidak diterima oleh Allah SWT. Wallahu a'lam.

Belum ada Komentar untuk "8+ Hal-Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel