Bacaan Niat Puasa Nabi Daud | Arab Latin dan Terjemahannya [Lengkap]

Bacaan niat puasa Nabi Daud - Puasa merupakan ibadah menahan lapar, haus, dan hawa nafsu dari waktu Subuh sampai waktu Maghrib. Sebagai muslim, kita diwajibkan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain puasa fardhu, ada juga beberapa puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan. Salah satu puasa yang afdhol dilakukan dan disunnahkan adalah puasa Nabi Daud.

Puasa Daud ini memiliki keutamaan yang tinggi sebagai bukti ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Meski puasa duad hukumnya sunnah, namun kita tetap dianjurkan menjalankan puasa Daud jika mampu dan berharap pada keutamaan yang bisa didapatkan.

Puasa Daud sendiri adalah puasa yang dilakukan bergonta ganti atau selang seling yaitu sehari puasa dan sehari lagi tidak berpuasa. Misalkan hari ini kita berpuasa, maka keesokan harinya tidak, lalu keesokan harinya lagi berpuasa dan begitu seterusnya. Itulah yang dinamankan dengan puasa Daud yang diamalkan oleh Nabi Daud as.

Memang puasa sunnah ini cukup berat bagi kita untuk melaksanakannya, namun alangkah indahnya jika kita mampu menjalankannya secara istiqomah karena selain menjalankan puasa yang wajib, kita juga menjalankan puasa sunnah sebagai tambahan pahala.

Secara umum tata cara pelaksanaan puasa Daud hampir sama dengan puasa lainnya. Namun niat puasa Daud jelas berbeda. Kita haruslah mempelajari dan menghafalnya jika ingin mengerjakan puasa sunnah Nabi Daud ini.

(baca juga niat puasa Senin-Kamis)

Bacaan Niat Puasa Nabi Daud Arab Latin dan Terjemah

Bacaan Niat Puasa Nabi Daud


Langsung saja berikut ini akan kami bagikan lafadz bacaan niat puasa Daud yang benar dalam tulisan arab dan latin lengkap disertai arti dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Lafadz Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Teks Latin

NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Terjemahan Indonesia

Saya niat puasa daud, sunnah karena Allah Ta'ala

Adapun puasa Nabi Daud ini adalah salah satu puasa yang paling utama dan disukai oleh Allah SWT setelah puasa Ramadhan, hal ini seperti tersebut dalam sebuah hadist Nabi SAW.

Hadist Keutamaan Puasa Nabi Daud


Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya,

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

Demikianlah bacaan niat puasa Daud lengkap bahasa arab, latin dan artinya bahasa Indonesia. Melihat keutamaan puasa Dawud di atas, maka sudah selayaknya kita umat islam berusaha menjalankannya semaksimal yang kita bisa. Meski terbilang susah, insyaallah balasan yang kita dapatkan jauh lebih besar dari apa yang kita kerjakan dan kita anggap susah.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Niat Puasa Nabi Daud | Arab Latin dan Terjemahannya [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel