Sholawat Ibrahimiyah Lafadz Arab, Latin dan Terjemahannya [Lengkap]

Lafadz sholawat Ibrahimiyah - Kali ini akan dibahas tentang teks bacaan sholawat Ibrahimiyah lengkap dalam lafadz arab, latin dan artinya bahasa Indonesia. Shalawat Ibrahimiyah ini sangat penting untuk dipelajari dan dihafal karena kita baca ketika tasyahud akhir dalam sholat. Untuk itu sebagai muslim, kita dianjurkan untuk menghafal dan lancar dalam melafadzkan bacaan shalawat Ibrahimiyah ini.

Sholawat adalah salah satu bentuk ibadah yang memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan. Bahkan sekali kita bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, maka Allah SWT akan membalasnya dengan 10 kali sholawat yang berarti 10 rahmat dari Allah SWT. Jenis dan macam sholawat pun ada bemacam-macam mulai dari yang pendek hingga yang agak panjang.

Salah satu jenis sholawat yang paling utama dan merupakan sholawat yang langsung diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah shalawat Ibrahimiyah. Shalawat Ibrahim ini telah disepakati oleh berbagai ulama sebagai sholawat yang paling afdhol. Untuk itu jenis sholawat Ibrahimiyah ini sangat dianjurkan untuk dibaca muslim tiap harinya.

Bahkan sholawat Ibrahimiyah ini selalu kita baca dan ucapkan saat kita melaksanakan sholat wajib 5 waktu setiap harinya pada saat tasyahud akhir. Banyak sekali khasiat dan fadhilah shalawat Ibrahimiyah yang akan kita dapatkan karena ini termasuk sholawat yang paling agung. Lafadz shalawat Ibrahim ini diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Baihaqi dan sekelompok ahli hadits, seperti tersebut dalam syarah Dala’il al-Khairat.

Al-Bukhari meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَالَ هَذِهِ الصَّلاَةَ شَهِدْتُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِالشَّهَادَةِ وَشَفَعْتُ لَهُ

“Barang siapa membaca shalawat ini, maka aku bersaksi untuknya di hari kiamat dengan sebuah persaksian dan memberinya syafaat”.

Hadits ini hasan, dan para perawinya adalah para perawi yang shahih.

Imam Nawawi berkata bahwa sholawat ini dinamakan sholawat Ibrahimiyah karena sholawat tersebut merupakan bentuk sholawat yang paling utama, banyak menimbulkan pengaruh yang besar sekali jika dibaca setiap harinya secara istiqomah, terutama bagi yang mempunyai keinginan besar untuk menunaikan ibadah haji, maka perbanyaklah membaca sholawat ini secara istiqomah, karena sholawat ini diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW.

(baca juga bacaan sholawat Badar)

sholawat ibrahimiyah

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah


Berikut ini akan dibagikan lafadz bacaan sholawat Ibrahimiyah dalam lafadz arab, teks latin serta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya lengkap.

Shalawat Ibrahimiyah Lafadz Arab


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Sholawat Ibrahimiyah Tulisan Latin


ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA’ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA SHALLAITA ‘ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIIMA WA’ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAHIM WABAARIK ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAARAKTA ’ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIMA WA ‘ALAA AALI SAYYIDINA IBRAAHIM, FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIID.

Arti Bahasa Indonesia Sholawat Ibrahimiyah


"Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayang-Mu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya di antara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia".

Catatan : Beberapa ulama berbeda pendapat mengenai penyebutan "sayyidina" pada sholawat Ibrahimiyah tersebut terutama ketika dibaca saat sedang sholat. Adapun menggunakan "sayyidina" atau tidak, kedua-duanya adalah benar dan diperbolehkan, tergantung kita memakai pendapat yang mana. Mayoritas umat Islam banyak menggunakan "sayyidina" dalam membaca sholawat, baik itu di dalam maupun di luar sholat.

Sekian info artikel bacaan sholawat Ibrahimiyah lafadz Arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesia ini. Semoga informasi tentang bacaan shalawat Ibrahim tersebut dapat memberi manfaat dan mendatangkan pahala bagi siapa pun yang membaca dan mengamalkannya.

4 Komentar untuk "Sholawat Ibrahimiyah Lafadz Arab, Latin dan Terjemahannya [Lengkap]"

  1. SANGAT BERMANFAAT, MOHON IZIN COPY PASTE

    BalasHapus
  2. ko sayyidi nya gak di tulis di teks arab

    BalasHapus
  3. Anonim24/2/19

    Bagus Sekali

    BalasHapus
  4. Kebanyakan ulama hadith berpendapat, membaca selawat di dalam solat 'wajib' mengikut apa yg diajarkan oleh Rasulullah saw kerana ia menyentuh hal ibadah. Yakni bacaan tanpa tambahan "Sayyidina" kpd nama Muhammad. Begitu juga dengan laungan azan, mana boleh ditambah menjadi "Asy hadu anna Sayyidina Muhammadar Rasulullaah".
    Tetapi sebutan di luar solat dibolehkan saja kerana ia tidak ada kaitannya dgn ibadah. Asalkan panggilan dan pujian kpd Rasulullah itu tidak sampai ke tahap memuja dan mendewakan beliau setaraf dgn Allah yang Maha Pencipta. Wallaahu a'lam.
    ~tmj.mokhtar~

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel