Sunnah Sunnah Wudhu dan Penjelasannya

Muslim Fiqih - Dalam berwudhu terdapat tata cara yang harus dipelajari agar proses wudhu kita sempurna dan sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW. salah satu yang penting adalah sunnah sunnah wudhu. selain fardhu dan syarat wudhu yang merupakan kewajiban, kita sebagai muslim tentu dianjurkan untuk melaksanakan hal hal sunnah termasuk dalam pelaksanaan wudhu. meski tidak apa ditinggalkan, namun akan lebh baik jika kita mengerjakannya untuk menambah pahala.

Sebenarnya terdapat banyak sunnah sunnah wudhu yang tidak banyak diketahui oleh khalayak umum selain dari pada yang umum dikerjakan seperti kumur, membasuh hidung dan membasuh telinga misalnya. bahkan sunnah dalam berwudhu mencapai puluhan. nah kali ini akan dijelaskan mengenai 15 sunnah wudhu sesuai dengan mazhab Imam Syafi'i beserta penjelasan dan tata cara pelaksanaannya lengkap . . .


sunnah wudhu

Sunnah Sunnah Berwudhu dan Penjelasannya :

1. Membaca bismillah

Kesunnahan membaca bismillah ini sebenarnya terletak pada setiap akan melaksanakan pekerjaan pekerjaan ibadah atau hal hal baik lainnya.

2. Memakai siwak ( kayu aroq)

Memakai kayu siwak atau benda benda lainnya yang memiliki tekstur kasar semisal sikat gigi, ujung kain dari baju bukan jari manusia yang kasar. dasar kesunnahannya juga sama seperti dasar kesunnahan membaca bismillah disetiap akan melaksanakan ibadah.

3. Niat sunnah wudhu

Niat ini kita laksanakan pada saat awal memakai siwak, niatnya semisal "saya niat melaksanakan sunnah wudhu". sebagaimana yang diterangkan didalam beberapa kitab kitab fiqih ahlussunnah waljamaah.

4. Membasuh tangan

Yaitu menyela nyelai jari jari tangan dan membasuh tangan sampai pergelangan.

5. Kumur

Berkumur seperti biasanya hingga menyentuh pangkal tenggorokan dan diulangi sampai 3 kali.

6. Intinsyak

Yaitu memasukkan air ke hidung dan diulangi juga sampai 3 kali. lebih baiknya kumur dan istinsyak dibarengkan.

7. Tastlis

Mengulang 3 kali setiap basuhan wajib dan sunnah di dalam wudhu.

8. Melebihkan basuhan

Melebihkan basuhan untuk kedua tangan dan kaki sampai diatas batas wajib membasuh.

9. Membasuh keseluruhan rambut

Mengusap keseluruhan rambut disunnahkan bagi yang memiliki rambut pendek.

10. Membasuh telinga

Yaitu mengusap bagian luar dan dalam telinga

11. Mengusap tengkuk

Disunnahkan membasuh tengkuk ini menurut pendapat dari al imam Ghozali.

12. Ad-dalk

Yaitu menggosok setiap anggota wudhu yang dibasuh. tetapi menurut madhab imam maliki hukumnya adalah wajib. dan menurut madhab kita imam syafi'i hukumnya adalah sunnah.

13. Tayammun

Mendahulukan setiap bagian yang kanan dalam anggota wudhu yang wajib maupun sunnah.

14. Membaca doa

Yaitu membaca doa yang diriwayatkan didalam kitab bidayatul hidayah karangan imam Ghozali di setiap membasuh atau mengusap anggota wudhu. jika tidak hafal maka berdoa kebaikan bagi anggota tubuh yang diusap/dibasuh.tempat berdoanya didalam hati.

15. Membaca doa setelah wudhu

Membaca doa setelah wudhu sambil menghadap kiblat dan menengadahkan tangan sampai terlihat ketiaknya sambil membaca doa dibawah ini.


اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهٗ وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهٗ وَرَسُوْلُهٗ، سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ اشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّاَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ.اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنَيْ مِنَ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu an laa ilaaha illallaau wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh. subhanakallahumma wabihamdika asyhaduallailahailla anta astagfirukawaatubuilaik. Allaahummaj’alnii minat-tawwaabiin, waj’alnii minal-mutathahhiriin, waj’alnii min ‘ibaadikash-shaalihiin.

Artinya :


"Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang Tunggal, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh."


NB : sunnah sunnah diatas adalah sebagian kecil dari pada sunnah sunnah yang diriwayatkan dari madhab Imam Syafi'i.

Nah, itu tadi sekilas infomasi mengenai daftar sunnah sunnah wudhu sesuai akidah ahlussunnah waljamaah yang bisa kami bagikan. akan lebih afdhol jika anda mengerjakan sebanyak mungkin sunnah sunnah yang dicontohkan Rasullullah SAW diatas untuk menambah pahala dan membuat wudhu anda lebih sempurna lagi. sekian dari kami semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda pembaca setia muslim fiqih. wass. wr. wb.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

3 Replies so far - Add your comment

  1. terimakasih.. atas penjelasan nya semoga menjadi ilmu yang bermanfaat...

    BalasHapus
  2. Makasih sudah membantu saya mengerjakan tugas

    BalasHapus

Artikel Pilihan